Dari kejauhan nampak sebuah kendaraan yang sepertinya tidak asing bagi saya yang orang asli indonesia, nampak mirip seperti becak dan memang setelah lewat didepan saya bisa saya pastikan itu adalah becak. Xich lo namanya, seorang penjaga rumah makan langsung memberitahukan kepada saya setelah saya ribut mau ambil foto becak itu 😀

Bentuk xich lo layaknya seperti halnya becak yang ada di indonesia, hanya berbeda sedikit di body nya yang lebih ramping dan tempat kaki lebih panjang ke depan. Jika atap becak di indonesia pendek maka xich lo memiliki atap yang lebih tinggi dan unik terbuat dari kain berwarna. Menurut info, atap nya bisa di lepas sesuai dengan permintaan pelanggannya.

Yang paling menonjol perbedaan xich lo adalah dari sisi sopirnya, penggenjot kendaraan beroda tiga ini kebanyakan berpakaian rapi seperti orang kantoran, lengkap dengan sepatu pantofel, ada juga yang menggunakan jas. Yah tidak heran, dari hari pertama sudah disuguhkan berbagai keunikan negara komunis vietnam dimana tidak ada yang membedakan setiap individu walaupun dengan strata ekonomi yang berbeda masih dianggap sama dimanata negara dan masyarakat yang lain.