Wisata pantai Gresik – part 1 (pantai dalegan)

0
1532

Seperti yang telah diketahui banyak orang mengenai wisata di daerah Gresik, wisata rohani terutama ziarah wali songo (wali sembilan: makam Sunan Giri, Sunan Maulan Malik Ibrahim, Sunan Drajat, Siti Fatimah binti Maimun) merupakan tujuan utama wisata di Gresik.

Namun ternyata, Gresik memiliki wisata pantai yang luar biasa bagus, terutama di wilayah Gresik bagian utara, yaitu pulau Bawean. Sebelum arek gresik bakalan melancong ke wisata pantai Gresik di pulau Bawean, ada baiknya kita kunjungi dulu wisata pantai Gresik yang berada di sekitaran kota Gresik. Tidak jauh dari kota Gresik, kurang lebih 43 Km dari pusat kota Gresik atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan transportasi mobil atau motor.

Pantai Pantai Dalegan terletak di desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Pantai Dalegan merupakan wisata pantai Gresik yang memiliki pasir putih yang eksotis, namun sayangnya masih kurang mendapat pengelolaan yang baik dalam rangka menarik perhatian wisatawan dari luar kota Gresik. Walaupun begitu, pantai dalegan sudah ramai dikunjungi banyak wisatawan, tapi kebanyakan masih wisatawan lokal Gresik dan sekitarnya. Lokasi pantai dalegan yang terletak di jalur pantai utara dan berbatasan langsung dengan Kabupaten lamongan sebenarnya merupakan lokasi yang sangat strategis karena dilewati oleh kendaraan-kendaraan yang sedang melakukan perjalanan antar propinsi, terutama waktu mudik lebaran.

Bisa dipastikan pada waktu musim liburan, pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal Gresik dan sekitarnya, sampai-sampai untuk mencari tempat parkir saja harus mengantri :). Beberapa orang yang datang ke pantai mengambil kerang yang bentuknya bagus untuk hiasan dirumahnya.

pantai-gresik---dalegan1

Yang jadi pertanyaan sekarang … mengapa pantai seindah ini bisa kalah terkenal dengan pantai-pantai lain seperti pantai losari yang notabene adalah pantai buatan? adalah keseriusan dalam pengelolaannya. Pantai losar hanya berbekal pantai buatan namun promosi yang dilakukan pengurus wisata disana sangat jor-joran. Sampai-sampai jika belum berkunjung dan berfoto di pantai losari (yang ada tulisannya pantai losari / city of makassar) belum dianggap pernah datang ke Makassar.

Arek Gresik merasa tidak terima dengan ini? mari kita sama-sama promosikan wisata pantai Gresik.

Edisi wisata pantai gresik berikutnya adalah ke eksotisme wisata pantai di Pulau Bawean. Ditunggu ya…

 

Lokasi pantai Dalegan:

[ready_google_map id=’5′]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here