Gresik merupakan sebuah kabupaten yang cukup maju dan merupakan sebuah Kabupaten yang paling sering dikunjungi wisata Religinya. Hal ini tidak terlepas dari adanya Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri yang menyebarkan agama Islam ratusan tahun yang lalu. Selain itu ada juga makam Sayyid Ali Murtadlo atau biasa disebut Raden Santri yang merupakan kakak dari Sunan Ampel.

Jika dilihat dari sejarah semestinya Gresik mempunyai banyak peninggalan Budaya dan Tradisi, akan tetapi hal ini belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Gresik dalam mengembangkan Wisata di Daerah Gresik.

Wisata di Gresik juga terasa kurang Greget dibandingkan dengan daerah2 lain, hal ini yang akhirnya menggerakkan sekelompok anak2 muda kreatif untuk membuat sebuah Wisata Edukasi di Gresik.

Horse Riding & Archery adalah sebuah wadah yang akhirnya mereka bentuk untuk menyalurkan Hobi dan keinginan mereka pada khususnya, dan untuk masyarakat pada umumnya

Horse Riding & Archery atau disingkat HRA dibentuk oleh pemuda2 Kreatif Manyar Gresik yang beranggotakan :

Ketua : Muchtar Jamil
Wakil Ketua : M. Nur Rohmad Arifin
Sekretaris : A. Farid
Bendahara : Gus Ishomul Yaqin
Penasehat : Bpk Chasin ( Lurah Manyar Sidomukti )

Anggota Arjuna :
1. Muhammad Baihaqi
2. Muhammad Shon Haji
3. Achmad Ilham
4. Misbachul Munir
5. Muhammad Najib
6. Huda
7. Hariyanto
8. Khoththobi
9. Arif Mauludi
10. M. Ali Irsyad
11. Izzatul Muttaqin
12. M. Ishomul Yaqin
13. Muhammad Syaifullah
14. Andy Buchory

Anggota Srikandi :
1. Hidayatul Mufidah
2. Firdah Irwahyuni
3. Choridatul Bahiyyah
4. Chafshotul Ainiyah
5.Chusnul Aliyah
6. Fita MR
7. Hesti Pangestu
8. Shoffiyah

Sebagian anggota Horse Riding & Archery Kalimireng Manyar

Mereka menamakan Anggota Laki2 sebagai Arjuna dan Anggota Perempuan sebagai Srikandi terinspirasi oleh Tokoh Pewayangan Jawa.
Tiap hari mereka berlatih memanah di Area lahan kosong yang ada di tepi Sungai Kalimireng Manyar, oleh karena itu dibelakang nama Group ada embel2 Kalimireng Manyar.

Para Arjuna & Srikandi Kalimireng Manyar berlatih Memanah

Selain memanah mereka juga berlatih berkuda sebagai sebuah rangkaian kegiatan yang saling berhubungan. Bagi mereka yang belum pernah naik kuda akan diajari caranya, jika sudah bisa maka akan dilepas Njoki sendiri kudanya.

Penunggang kuda yang sudah mahir bisa berpacu mengelilingi arena

Mereka berlatih tiap hari dengan memanfaatkan sebuah lahan kosong yang ada di Pinggir tepi Kalimireng Manyar. Untuk saat ini perijinan masih sebatas Lurah setempat, sebatas memanfaatkan area untuk latihan dan hiburan Masyarakat Gresik pada umumnya dan Penduduk Manyar pada khususnya.

Pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 14.30 – 17.30 masyarakat Umum bisa menikmati dan mencoba Wisata Edukasi ini mulai dari Memanah, Berkuda dan naik ATV. Sedangkan untuk tarif setiap wahan adalah sbb:
1. Tiket Wahana Berkuda Rp. 15.000 (1 kali putaran)
2. Tiket Wahana Memanah Rp. 10.000 (10 anak panah)
3. Tiket Wahana ATV 10.000 (1 kali Putaran)
4. Wahana Selfie Camp (Gratis)
5. Wahana Selfie Bukit Salju (Gratis)

Wisata Edukasi ini sangat Positif kegiatannya, selain melatih Ketangkasan, juga melatih seseorang untuk berani dan mampu berkuda. Dimana selama ini hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu.


Terkadang jika senggang mereka juga Nge Camp di lokasi untuk sekedar mencari suasana baru

Bagi masyarakat yang ingin mencoba Wahana Wisata Edukasi ini, untuk menuju lokasi sangatlah mudah. Kalian bisa menuju ke Manyar Rejo (pertigaan yang ada tugunya), kemudian masuk lurus saja melewati perkampungan, setelah itu kita akan melewati Tambak2 dan Wisata Mangrove, dari situ kita masih lurus sekitar 200 meter dan akan menemui Tanah Lapang, disitulah Lokasi Horse Riding & Archery Kalimireng Manyar, untuk lebih mudahnya saya sertakan juga lokasi Maps-nya

Horse Riding & Archery Kalimireng Manyar

Tunggu apalagi Guys & Girls…. Yuk ramaikan Wisata Lokal Gresik….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here