Beberapa hari yang lalu tepatnya hari jumat tanggal 29 Mei 2015, melewati jalan Vetaran Gresik di depan pelataran gedung wisma Ahmad Yani (disamping gedung utama semen gresik) diadakan pagelaran wayang kulit. Tema ceritanya kurang tahu karena tidak mengikuti hingga akhir, hanya mampir sebentar dipinggir jalan dari dalam mobil mengambil gambar sang dalang sedang memainkan lakon nya.

Langsung teringat kalau sudah cukup lama tidak melihat pagelaran wayang kulit seperti ini, padahal dulu minimal ketika ada anak kecil yang sunatan biasanya akan ada pagelaran (konser) wayang kulit. Namun sekarang sudah mulai berbeda budayanya, mungkin juga karena biaya untuk mengadakan pagelaran wayang yang lumayan mahal. Beruntung masih ada Semen Gresik yang setiap tahunnya masih mengadakan pagelaran wayang di depan wisma Ahmad Yani.

Wayang kulit

Melihat kebelakang mengenai wayang dipulau jawa, ternyata wayang ini sangat berjawa dalam penyebaran agama islam di pulau jawa. Wayang memang sudah ada sebelumnya sebelum islam masuk bahkan sudah menjadi hiburan utama di pulau jawa. Oleh karena itu Sunan Giri (di jawa timur, Gresik dan sekitarnya) memanfaatkan kesenian asli tradisional indonesia ini untuk menyebarkan ajaran agama islam dengan mengganti konten cerita wayangnya yang awalnya mengenai dewa-dewa hindu budha menjadi bercerita tentang nilai-nilai agama islam. Karakter yang digunakan pun masih sama (sepengeahuan saya) seperti petrok dll, gatot kaca yang saya tidak mempunyai pengetahuan lebih untuk menceritakannya hehehe…

Saya sendiri asli lahir di jawa, tapi kalau mendengarkan bahasa yang digunakan dalam wayang kadang-kadang ada yang tidak mengerti ^__^ maklum bahasa jawa yang digunakan di Gresik tempat saya tinggal tergolong bahasa jawa yang kasar (ngoko)

Cerita lengkap mengenai peran wayang dalam penyebaran islam di pulau jawa bisa dibaca di artikel berikut:

  1. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=251613&val=6771&title=Peranan%20Wayang%20Kulit%20Dalam%20Pengembangan%20Budaya%20Islam
  2. http://www.academia.edu/9163230/PERAN_WALISONGO_DALAM_PENYEBARAN_ISLAM_DI_INDONESIA
  3. http://www.tuanguru.com/2011/12/wayang-kulit-media-penyebaran-islam.html