Gresik merupakan kabupaten yang sebagian besar wilayahnya berada disekitar pesisir pantai utara dimana kebanyakan penduduknya hidup dari hasil laut atau tambak. Maka tidak heran jika Gresik menjadi salah satu penghasil ikan di jawa timur. Kali ini kita tidak akan membahas tentang nelayan atau petani tambak yang menghasilkan berbagai macam ikan hasil tangkapannya, melainkan industri kecil menengah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

UKM Ikan Asin, Lumpur Gresik
UKM Ikan Asin, Lumpur Gresik

Selain di jual langsung dalam keadaan segar atau di kaleng untuk export, ada juga UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mengolah ikan menjadi ikan asin. Ternyata tidak hanya untuk konsumsi dalam daerah gresik, mereka juga menyuplai kebutuhan ikan asin di luar kota. Seperti pengusaha ikan asin yang ada di desa lumpur gresik ini, mereka mengirim ikan asin ke Bandung. Dan tidak tanggung-tanggung, mereka mengirimkan ke Bandung dalam jumlah yang cukup banyak tiap harinya (tentunya jika sedang banyak hasil tangkapannya).

Jika sedang ramai, mereka bisa sampai seratus pack (kardus besar) per hari untuk pengiriman ke Bandung. Woww… menarik sekali, sangat disayangkan sekali jika usaha-usaha kecil menengah atau UKM ini tidak didukung oleh pemerintah setempat. Usaha-usaha seperti inilah yang dibutuhkan oleh pemerintah kabupaten gresik untuk mengangkat derajat masyarakatnya sekaligus mengurangi pengangguran.

UKM Ikan asin, lumput-Gresik