Tips Memaksimalkan Hasil Foto Menggunakan Lensa Kit

8
3860

Sering kali kita dengar seorang fotografer mengeluh hasil fotonya gak bagus dan biasa saja karena cuma mengandalkan lensa bawaan kamera atau yang biasa disebut lensa Kit. Memang untuk mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas kita mesti menggunakan lensa yang sesuai dengan obyek yang kita foto, macam dan jenisnya pun dengan harga yg bervariasi.
Akan tetapi bagaimana klo kita cuma mempunyai lensa bawaan kamera aja?? Bisakah kita mendapatkan foto yang bagus dan berkualitas??? Disini kita mau share sedikit mengenai bagaimana memaksimalkan lensa Kit untuk bisa mendapatkan foto yang bagus.

 Diafragma

Seperti yang kita ketahui semakin besar angka Diafragma maka akan semakin kecil lubang peloloyg terdapat pada Diafragma tersebut, dan gambar yang dihasilkan juga akan semakin tajam. Menurut pengalaman saya, dari semua lensa Kit 18-55mm (merk Canon-Nikon-Sony) dan 14-45 (Olympus) akan mulai terlihat tajam pada bukaan f 6.3 dan akan terus semakin tajam di angka besar selanjutnya. Memang aturan ini juga berlaku pada semua lensa, tetapi setidaknya hal ini membantu teman2 untuk tidak menggunakan f yang angkanya lebih kecil dari f 6.3 selama sinar cukup dan pengambilan gambar tidak terpaut dengan kondisi DOF. Berikut ini adalah foto – foto yang saya ambil menggunakan dengan menggunakan lensa Kit

Olympus E-500, f13, ISO 100, Shutter 1/100, focal lenght 14mm, no flash
Olympus E-500, f13, ISO 100, Shutter 1/100, focal lenght 14mm, no flash
Canon PowerShot G6, f 6.3, ISO 100, Shutter 1/250
Canon PowerShot G6, f 6.3, ISO 100, Shutter 1/250
Canon EOS 60D, f 13. ISO 100, Shutter 1/500,Focal Lenght 26mm
Canon EOS 60D, f 13. ISO 100, Shutter 1/500,Focal Lenght 26mm

Ketahui Vario Focal Lenght Tertajam Lensa Kit anda

Akan tetapi dalam hukum Bias Lensa tidak didapati sebuah lensa (tunggal) dengan lebih dari satu Titik Api (focus),sedangkan sistem dari lensa Zoom adalah dengan mengubah ubah jarak dari setiap susunan lensa untuk mendapatkan fokus pada tiap-tiap focal lenght.  Dari setiap perubahan jarak tersebut ada satu titik dimana focus bisa tercapai dengan maksimal. Untuk lensa Kit yang beredar dan dipakai saat ini setelah saya lakukan uji coba dengan berbagai jenis merk dan saya amati konstruksinya, umumnya titik tertajam terletak pada posisi lensa terpendek (saat kita putar kondisi lensa pada posisi paling pendek). Foto dibawah ini adalah kondisi salah satu jenis lensa Kit pada kondisi mulai FL terlebar (18mm) hingga FL tersempit (55mm)PND_1079-Recovered-RecoveredDari foto diatas dapat kita lihat jika posisi 18mm ujung lens maju kedepan, kemudian kita putar ke FL yang lebih sempit lensa akan mundur maksimal pada FL 31-33mm, kemudian akan maju lagi hingga 55mm. Di FL 31-33mm inilah yg saya maksudkan kondisi lensa terpendek. Salah satu hal yg membuat kondisi seperti ini adalah karena pengaruh Distorsi. Dengan mengetahui hal ini ada baiknya jika pada saat mengambil foto masih memungkinkan untuk maju dan mundur, sebaiknya pertahankan kondisi lensa pada FL tertajam dan kita yg menyesuaikan jaraknya.

Manfaatkan Kekurangan Lensa Untuk Mendapatkan Flare

com_02
Pantulan liar yang menimbulkan flare, jumlah flare akan sama dengan jumlah lensa yang memantulkan sumber cahaya

Selain tajam, sebuah lensa yang bagus tentunya bisa meredam efek Astigmatisme sumber cahaya dari samping lensa hingga tidak timbul pantulan liar antar lensa. Selain berkurangnya ketajaman hal tsb bisa menimbulkan Flare, beberapa merk product mengembangkan tehnologinya untuk mengatasi hal ini dengan lapisan atau Coating tertentu. Salah satu contoh Fuji Film dengan EBC (Electron Beam Coating) dan Super EBC-nya, lensa yang dilapisi EBC atau Super EBC diyakinkan tidak tidak timbul bintik2 cahaya atau flare meski berhadapan dengan matahari, yang timbul hanya pendar cahaya. Pada  lensa Kit masih belum terdapat Coating sejenis ini, akan tetapi salah satu keuntungannya adalah kita bisa memperindah foto dengan Flare tsb.

Pemanfaatan Flare untukmemperindah foto
Pemanfaatan Flare untukmemperindah foto

Demikian bbrp tips dari kami, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kita semua, dan juga terus berkarya dengan alat yang ada, serta  terus belajar dan belajar. Disini juga kami sertakan foto foto hasil dari lensa Kit mudah2an bisa jadi referensi….

Salam Jepret

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here