Ternyata di Vietnam juga ada pengemis

0
1199

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Vietnam adalah negara Komunis dimana faham ini menjunjung tinggi kesetaraan dan semuanya diatur oleh negara. Kasarannya adalah hidup mati, kesejahteraan warga negara dan pembangunan semuanya terpusat dan pemerintah punya kekuatan penuh mengendalikan. Paham komunis ini sangat terasa sekali ketika datang ke Vietnam, tata kota yang hampir seragam (kabanyakan rumahnya berbentuk seperti ruko tingkat dengan lebar 4m).

Kebetulan waktu itu hari jumat dan secara sepontan langsung tanya sana sini untuk mencari masjid guna menunaikan sholat jumat, dan alhamdulillah ternyata di Hanoi masih ada masjid dan komunitas orang-orang beragama islam. Sempat bertemu juga beberapa orang dari kedutaan Indonesia di Vietnam, ada juga orang indonesia yang bekerja di Vietnam tapi bukan di Hanoi tepatnya di kota-kota disekitar Hanoi, mereka datang ke Hanoi khusus untuk sholat Jum’at. Mereka senang sekali bertemu kami yang baru datang di Vietnam, mereka langsung bercerita banyak tentang pengalamannya selama di Vietnam.

Di sisi lain di sekitar masjid, di balik semua faham komunis dan kesetaraan yang diatur oleh negara, ternyata masih ada juga orang Vietnam yang menjadi pengemis dan ironisnya mengapa setelah beberapa waktu di vietnam selalu melihat pengemis itu ada disekitar masjid (ditempat lain tidak pernah kelihatan). Yang jadi pertanyaannya mengapa masjid dan tidak ditempat lain? *disitu kadang saya merasa sedih*

pengemis di Hanoi Vietnam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here