Oleh : Dukut Imam Widodo

Setiap kota di Indonesia ini memiliki julukan tersendiri. Seperti misalnya Kota Bandung yang dikenal sebagai Kota Kembang atau Paris van Java, Kota Bogor sebagai Kota Hujan, Kota Palembang sebagai Kota Bahari yang terkenal dengan Jembatan Amperanya atau makanan khasnya, êmpèk-êmpèk. Nah, Kota Gresik juga memiliki julukan tersendiri, yaitu Kota Santri.

Kalau sudah mendengar kota santri, sudah bisa dipastikan bahwa kota tersebut banyak sekali santrinya, paling tidak di kota tersebut orangnya baik-baik dan tingkatan religiusitasnya tinggi.

Ada salah satu teman saya yang memiliki usaha sendiri di bidang entertainment. Suatu ketika, teman saya itu bertanya kepada saya :

“Pak Dukut, kalau seandainya saya menyampaikan proposal ke Pemkab Gresik untuk event-event hiburan seperti dangdutan, gimana yaaa???”

Sontak saja saya sedikit tercengang mendengarkan pertanyaan dari teman saya itu. Sambil cêngar-cêngir, saya menjawab pertanyaan teman saya itu :

“Lha kalok acara dangdutan diadakan di Kota Gresik, bisa bêrabé nantinya…”, jawab saya sekenanya.
“Emang kenapa bisa begitu¸ Pak?”, tanya teman saya kembali.
“Lha iyaaa tho, mana mungkin acara dangdutan diadakan di Kota Gresik ini, lha wong kota ini terkenal dengan sebutan Kota Santri kok…”, jawab saya.
“Wah, ndak tau lagi kalok begitu, Pak…”, kata teman saya lagi.
Dari obrolan saya dengan teman saya tadi, tercermin sekelumit gambaran tentang Kota Gresik sebagai Kota Santri. Ndak boleh nèko-nèko di Gresik, kudhu sing apik-apik kelakuané…

Bicara tentang kisah religi di Kota Gresik, maka tidak terlepas dari kisah Masjid Jamik yang ada di dekat Aloon-Aloon Kota Gresik. Dan hampir di setiap kota di Indonesia, terdapat Masjid Jamik. Masjid ini digambarkan sebagai masjid yang besar yang letaknya berada di dekat pusat pemerintahan kota, tidak jauh dari Aloon-Aloon sebuah kota.

Masjid Jamik yang ada di Kota Gresik tempo doeloe merupakan salah satu icon Kota Gresik yang terletak di sebelah barat Aloon-Aloon Kota Gresik, yang merupakan masjid terbesar di zamannya dan menjadi panutan kebijakan masjid-masjid lain yang ada di Gresik yang berkaitan dengan keagamaan, misalnya saja dalam hal penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri dan sebagainya. Namun kebesarannya dan kecintaan pemerintah Kabupaten Gresik kini beralih kepada Masjid Agung Gresik yang juga diharapkan bisa menjadi salah satu icon Kota Gresik.

Saya masih ingat cerita dari Kakek saya dulu tatkala beliau seringkali main-main ke Gresik. Beliau bercerita tentang kekagumannya dengan keindahan arsitektural dari Masjid Jamik. Hati terasa adêm kata beliau saat itu. Bagaimana tidak, hampir setiap hari terdengar sayup-sayup alunan suara orang mengaji. Apalagi menjelang senja tiba, dimana langit terbias warna jingga, keindahan dari Masjid Jamik semakin lengkap dengan dipenuhinya orang yang berlalu-lalang untuk memasuki halaman masjid dan melakukan sholat berjamaah disana. Rasanya hati terasa tentram, seolah-olah kita tidak pernah memiliki masalah dan kita semakin terasa dekat dengan Sang Pencipta.

Suasana seperti itu semakin melengkapi Kota Gresik sebagai Kota Santri, namun ada hal yang menggelikan yang pernah terjadi di Grisee Tempo Doeloe dan sebenarnya saya sendiri sebelumnya merasa tidak percaya dengan hal ini, tapi saya sudah memastikannya dengan mengkonfirmasi penduduk sekitar disana.

Begini, kalau akhir-akhir ini kita seringkali mendengar ocehan salah seorang lawyer kenamaan di infotainment yang kerapkali mengomentari beberapa kalangan artis di akun twitter-nya, maka kita akan teringat dengan tantangannya untuk melakukan Sumpah Pocong, dimana hal tersebut sebenarnya tidak dibenarkan dalam ajaran Islam.

Pemuda Metoko Gresik yang tiap harinya kumpul di Langgar Sawo - Foto diambil didepan tempat wudlu Langgar Sawo pd th 1960an copy

Remaja Masjid Metoko / Langgar Sawo atau sekarang dikenal dengan nama Masjid Muthohar berpose didepan tempat Wudlu

Tapi dasar lambéné kênganggurên, maka sumpah itu pun dijadikan trending topic akhir-akhir ini. Namun tempo doeloe, ada salah satu sumpah yang tidak kalah hebohnya dengan Sumpah Pocong yang pernah dilontarkan oleh lawyer tersebut. Apa nama sumpah tersebut???