Solusi Website tidak bisa diakses dengan speedy

0
2164

Beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan ini, saya tidak bisa mengakses beberapa website dengan menggunakan internet dirumah (speedy). Sempat mengakses website sendiri juga tidak bisa, sempat berburuk sangka kepada hosting tempat menempatkan website dan menyelidiknya sedemikian lama. Kemudian pas keluar rumah, coba mengakses website yang tadinya di blok dengan menggunakan modem internet (menggunakan paket data telkomsel) aman-aman saja. Akhirnya saya tanya kebeberapa teman mengenai gangguan speedy tersebut, ternyata banyak sekali yang mengalami gangguan yang sama. Akhirnya ketahuan kalau speedy secara sepihak melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu walaupun tidak ada sangkut pautnya dengan kekerasan, SARA maupun pornografi. Apakah ini kebijakan pemerintah atau speedy sendiri? itu urusan orang lain lah… kita cari solusinya aja supaya bisa buka website favorite kita, OK.

speedy website block

Ada dua solusi yang bisa dilakukan untuk mengakses website yang ditutup / block oleh provider internet, tidak hanya speedy.

  1. Menggunakan free / premium proxy
  2. Menggunakan Public DNS yang disediakan oleh Google

Sekarang kita tidak akan membahas solusi nomor 1 secara mendetail, fokus kepada solusi nomor 2 yang secara legalitas diakui dan masih OK laah…

Untuk membuka blokiran provider internet lokal menggunakan free proxy dilakukan dengan menginstall proxy di komputer kita, kemudian mengganti location kita ke negara lain (seperti america dll), sehingga jalur internet yang kita gunakan akan mengikuti jalur negera tersebut. Artinya, jika situs website itu diblokir oleh negara kita, tidak akan berdampak kepada yang kita akses. Cara ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin membuka situs tertentu yang diblokir di indonesia seperti situs perusahaan broker terkenal yang saya gunakan untuk trading www.interactivebrokers.com. Sangat menjengkelkan sekali kalau tempat cari uang kita ditutup akses nya hehehe… saya membuka akses nya menggunakan free proxy –> “HotSpot Shield”, tapi ya gitu, ada iklan yang tiba-tiba tampil di browser kita, ada juga yang lainnya (rekan2 mungkin bisa menambahkan free proxy lainnya)

Untuk cara kedua (DNS google), kita tinggal mengganti DNS komputer kita dengan public DNS yang disediakan oleh perusahaan IT ternama GOOGLE.

Google Public DNS IP addresses

The Google Public DNS IP addresses (IPv4) are as follows:

  • 8.8.8.8
  • 8.8.4.4

The Google Public DNS IPv6 addresses are as follows:

  • 2001:4860:4860::8888
  • 2001:4860:4860::8844

Untuk lebih jelas mengenai cara mengganti DNS menjadi public DNS goole bisa dilihat di Cara mengganti DNS Google di komputer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here