simping

Simping adalah hewan sejenis kerang laut yang hidupnya di perairan. bentuknya bundar  menyerupai kipas terkembang, warna cangkangnya terang dan adanya sepasang tonjolan mirip sirip di bagian belakang tubuhnya.

Simping sudah lama ditangkap & dimanfaatkan dalam jumlah besar oleh manusia. Daging ototnya merupakan makanan laut yang enak, sementara cangkangnya bisa digunakan untuk lukisan & ornamen. Simping juga bisa diolah menjadi kerupuk simping.Belakangan ini, untuk mencegah kepunahan simping di alam liar akibat aktivitas penangkapan yang berlebihan (overfishing), orang juga sudah mulai membudidayakan simping.

Biasanya kita dapat menemui para penjual simping ini disekitar Pasar Baru Gresik. Cukup dengan Rp.2000,- kita bisa menikmati 10 biji simping. Cara memakannya cukup mudah, kita buka dulu cangkangnya dengan cara dipelirit. Setelah cangkangnya terbuka, lepas salah satu cangkangnya yang atas lalu kita gunakan cangkang tersebut untuk mengambil daging simping yang masih menempel dicangkang bagian bawah.

Bagi penikmat simping, 10 biji rasanya kurang cukup. Biasanya mereka langsung membeli 1 ember simping di rumah penjualnya di daerah pojok sukorejo, harganya sekitar Rp.50.000. Biasanya satu ember simping ini disantap ramai – ramai dengan teman – teman satu komplek dan di habiskan saat itu juga…