Pulau Pasumpahan, pulau kecil dengan keindahan luar biasa

4770

Masih dalam agenda melancong ke kota Padang, melanjutkan traveling setelah menikmati Pantai Padang, kami kembali ke hotel sejenak untuk istirahat sebelum keesokan harinya akan melancong ke Pulau Pasumpahan. Sesampai di kamar hotel, kami membaca beberapa referensi yang kami cari dari google, ada dari Good News From Indonesia (GNFI) asuhan teman saya Akhyari Hananto, kami juga baca dari website nya Wonderfull Indonesia. Referensi tersebut mengulas banyak mengenai pulau pasumpahan, disajikan juga foto-foto keindahan alam pulau pasumpahan yang membuat semakin ngiler dan semakin ingin pagi hari cepat datang 😀 *agak lebai dikit hehehe

pulau-pasumpahan-drone-view

Pulau Pasumpahan terletak di daerah Bungus, Padang, Sumatera Barat. Pulau bungus merupakan salah satu dari banyak pulau kecil yang tersebar sepanjang pantai kota Padang, Sumatera Barat. Pulau-pulau itu antara lain pulau sikuai, pulau pisang, pulau pegat dan pulau mentawai yang sudah terkenal dan menjadi tujuan wisata international. Tidak seperti sikuai dan mentawai, pulau pasumpahan baru sekitar dalam tahun 2015 ini mulai dikenal oleh umum, dan menurut informasi pulau pasumpahan sudah menjadi incaran swasta untuk pengelolaannya.

Untuk menuju pulau pasumpahan, ada dua jalur yang bisa dilalui, pertama bisa melalui pelabuhan pantai mentari, jaraknya tidak jauh dari kota padang. Disana kita bisa naik kapal / speed boat dan “menikmati” transportasi laut ini ke pulau pasumpahan selama satu sampai dua jam perjalanan laut.

Jalur kedua, bisa melalui pantai pisang, dipantai pisang ini jarak ke pulau pasumpahan sangat dekat hanya sekitar sepuluh sampai lima belas menit perjalanan laut saja. Namun kita harus melalui perjalanan darat yang sebenarnya tidak jauh, tapi rutenya berliku, naik turun dan beberapa area jalanannya masih terjal dan sulit untuk dilalui kendaraan.

Kali ini kami memilih untuk tidak berlama-lama perjalanan laut, artinya kami mengambil jalur kedua yaitu menyeberang melalui pantai pisang. Pantai pisang ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dari kota Padang. Dari kota Padang menuju Bungus kemudian masuk kewilayah pantai pisang harus menaiki gunung dulu baru turun lagi untuk menuju ke pantai pisang. Sesampai dipantai pisang kita disambut dengan pemandangan pantai yang dipenuhi dengan perahu nelayan dan perahu penumpang yang bisa dikita sewa untuk menyeberang ke pulau pasumpahan.

pulau-pasumpahan-desa-pantai-pisang

Kalau melihat posisi pulau pasumpahan ini jadi teringat dengan pulau sempu kalau di jawa timur (Malang  Selatan). Kalau di Pulau sempu, pantai pisang ini kita bisa ibaratkan seperti Pantai Sendang Biru yang menjadi pijakan pertama sebelum menuyeberang ke pulau sempu.

Sesampai dipulau pasumpahan, sangat disayangkan sekali langsung disambut dengan awan hitam dan kabut yang tiba-tiba menyelimuti langit biru 🙁 jadinya tadi awalnya berharap dapat kondisi cuaca yang cerah dengan langit biru yang cantik untuk mendapatkan foto yang indah langsung buyar. Tapi semaksimal mungkin mendapatkan foto untuk kenang-kenangan di Pulau sempu.

pulau-pasumpahan-dari-view-kedatangan-kapal

Turun dari kapal, langsung saja penumpang kapal yang saya naiki mengambil posisi untuk foto selfie maupun foto bersama di tulisan Pulau Pasumpahan yang tepat didepan tempat penurunan penumpang.

Pulau-Pasumpahan-Taqi-at-pasumpahan-island

Setelah itu, karena lapar dari pagi berangkat baru makan roti, akhirnya buka lapak sebentar untuk menikmati hidangan yang sudah disiapkan oleh teman-teman. Dan setelah makan langsung saja sebelum hujan tambah deras, saya langsung berkeliling pulau kecil ini untuk mengabadikan beberapa lokasi dalam foto. Bersamaan dengan saya, ada beberapa orang lain juga yang sedang asyik ber selfie ria, saling berfoto-foto dengan teman-temannya. Ada juga yang asyik bermain bola, bersantai di ayunan yang dikaitkan dipohon dan naik banana boat(beberapa foto nya bisa dilihat di gallery). Yang paling tidak boleh terlewatkan adalah foto group dengan pose hehehe…

Di pantai pulau pasumpahan ini banyak dijumpai ubur-ubur, jadi kita harus sedikit berhati-hati agar tidak terkena gatal akibat bersentuhan dengan ubur-ubur. Walaupun sudah berhati-hati, ternyata banyak juga yang setelah berenang dan bermain banana boat merasa gatal-gatal :D. Saya sendiri memutuskan untuk tidak naik banana boat karena tidak membawa baju ganti, walaupun akhirnya juga basah karena kena hujan deras.

Setelah puas menikmati indahnya pantai pulau pasumpahan, saya dan temen-teman memutuskan untuk naik keatas bukit menikmati view pulau pasumpahan dan pulau-pulau disekitarnya dari atas bukit sebelum hujan semakin deras.

pulau-pasumpahan-mendaki-bukit-puncak

Sesampai dipuncak sangat benar sekali prediksi sebelum kami naik, hujan turun dengan lebatnya sehingga kami kesulitan untuk mencapai puncak karena jalan yang kami lalui semakin licin, walaupun sudah disediakan tali pembantu untuk naik keatas. Diatas kami mengambil beberapa foto untuk kenang kenangan dan langsung turun sebelum semakin deras lagi. Kami mendapatkan foto pemandangan sekitar pulau pasumpahan dengan langit yang diselimuti awan tebal dan gelap hiks… 🙁

pulau-pasumpahan-view-penuh-kabut-diatas-bukit

Walaupun disambut dengan cuaca yang tidak bersahabat, kami merasa senang sekali sudah bisa mampir ke pulau pasumpahan ini, semoga lain kali bisa datang lagi bersama keluarga dan teman-teman, tentunya tujuannya ditambah, bukan hanya pulau pasumpahan tapi juga sikui, melawai dan lain-lain yang berada di tepian Padang, Sumatera Barat.

Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan dari PT. Semen Padang yang sudah mengajak saya dan tim ke pulau pasumpahan, tanpa jasa kalian rasanya selama kami di padang kemarin tidak akan sampai di Pulau yang cantik ini. ^__^b