Photography Paper

8
987

Photoghraphic Paper dibuat khusus untuk keperluan Fotografi dengan beberapa syarat sbb:

1. Kertas harus padat agar penyerapan bahan kimia yang terkandung dalam “Larutan Pengembang dapat dibatasi sekecil mungkin, namun harus pula cukup berpori agar bahan kimia yang terserap dapat dengan mudahdilarutkan dalam air pembilasan.

2. Kertas harus tidak lunak di dalam larutan pengembang, penahan, dan air.

 3. Kertas harus benar2 bebas dari bahan kayu, foto umumnya disimpan dalam jangka waktu yang lama, jika suatu kertas mengandung bahan kayu akan cepat menguning.

4. Bahan2 kimia yang dipergunakan sebagai campuran emulsi kertas harus dipilih sedemikian rupa sehingga bahan tersebut tidak mengotori larutan kimiawi fotografi, ataupun reaksi kimia, hasil reaksi itu mempengaruhi sifat2 larutan foto.

Walaupun ketentuan diatas sudah terpenuhi bukan berarti larutan peka cahaya bisa dilapiskan keatas permukaan kertas foto, Kertas foto harus dilapisi dulu dengan lapisan “Barit”. Disamping itu lapisan”Barit”bisa mempermudah pembuatan corak permukaan kertas foto (Tekstur). Kertas foto dulu yang beredar di pasaran dibuat dalam 2 macam ukuran berat, Single Weight (135 gr/m2) & Doule Weight (270 gr/m2), sedangkan untuk keperluan bidang tekhnis  dibuat kertas foto dengan ukuran berat 80-90 gr/m2 sedangkan untuk pos udara dengan ukuran berat 40 gr/m2. (Andy Buchory)

8 COMMENTS

  1. Pengen nyoba cetak foto non digital sendiri…tapi kamera roll film masi ada yang jual gag ya…semacam pocket cam yang dulu sering di sebut “twistel”

    share cara cetak foto pakai klise ya om admin…
    hehehehehe

  2. Pengen nyoba cetak foto non digital sendiri…tapi kamera roll film masi ada yang jual gag ya…semacam pocket cam yang dulu sering di sebut “twistel”

    share cara cetak foto pakai klise ya om admin…
    hehehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here