Terkadang kita menemui pertanyaan

“Foto Asli Mas”??? “Foto Montase atau bukan”??? Ini langitnya asli mas???”.

Foto tersebut memang sebenarnya foto asli dan tanpa tambahan foto langit atau apapun, tetapi orang awam menilainya foto tersebut merupakan editan dengan penambahan foto langit dan awan.

Hal ini wajar saja sebenarnya terjadi, apalagi jika orang tersebut bukan seorang fotografer atau Photo Editor. Bisa juga seorang fotografer akan tetapi dia belum menguasai dengan benar Tool yang ada.

Disini saya akan menjelaskan sedikit  mengenai proses edit foto untuk menampilkan langit lebih jelas dan penyesuaian warna yang sesuai dengan selera kita. Proses ini adalah suatu hal yang umum sebenarnya terutama bagi para Landscaper.

Proses awal dalam pengambilan sebuah foto tentunya sangat berpengaruh dalam hal ini. Saya menyarankan proses pengambilan gambar memakai file Raw, Software yang dipakai bisa menggunakan Software bawaan kamera atau bisa juga dengan Adobe Photoshop CS6 (minimal, karena support untuk file Raw bbrp kamera lebih banyak) dan Adobe Lightroom. Jika kita terlanjur hanya mempunyai file JPEG kita bisa memprosesnya dengan menggunakan Lightroom.

Ok sekarang kita landsung memulainya, kebetulan saya hanya mempunyai file JPEG. Disini saya mengambil foto dengan cara memastikan lokasi Highlight tidak Over, daerah Shadow pastinya akan Under dan ini saya abaikan.

File foto asli

Langkah awal kita disini adalah menyesuaikan Eksposure antara Highlight dan shadow, White Balance dan tonal warna, yang hasilnya akan seperti ini:

File setelah melalui penyesuaian Eksposure dan Tonal Warna pada Lightroom

Setelah melalui tahap ini kita save dan kita proses lagi melalui Adobe Photoshop untuk penyempurnaan warna dan eksposurenya. Sebenarnya untuk tahap ini klo memang sudah dirasa bagus tidak perlu lagi untuk masuk di Adobe Photoshop, akan tetapi jika kita merasa ada yang kurang, bolehlah kita memprosesnya lagi, kembali lagi tergantung selera.

Hasil Akhir Proses

Untuk sesi Hunting bersama bisa diikuti pemberitahuannya di Grup Fotografi Facebook Mat Kodak Gresik, mau join dengan grup juga bisa terbuka untuk umum, baik Profesional ataupun yang cuma hobi.