Pelabuhan Gresik tujuan para saudagar

0
1497

Gresik Kota Pesisir, ini adalah salah satu identitas pada kota Gresik. Secara geografis memang Gresik terbentang luas menyusuri jalur pantai menuju kota Lamongan dan pada akhirnya berdampak pada mata pencaharian masyarakat Gresik yaitu sebagai nelayan tradisional yang sangat manggantungkan hidupnya pada hasil laut, oleh karena itu Gresik disebut Kota Pesisir.

Pelabuhan Gresik adalah salah satu ikon kota Gresik, karena disinilah banyak tercipta sebuah sejarah dari kota Gresik dimana di sinilah pada jaman dahulu menjadi pusat perdagangan dunia yang sangat terkenal di seantero jagad. Salah satu tokoh terkenal yang sangat berpengaruh pada perkembangan perdagangan dikota Gresik yaitu Nyai Ageng Pinatih. Beliau seoraang saudagar kaya yang merupakan syah Bandar di Pelabuhan Gresik yang menguasai proses perdagangan yang ada di pelabuhan Gresik.

Dahulu, Pelabuhan Gresik merupakan pusat perdagangan dari luar negeri yang masuk ke pulau Jawa dengan berbagai suku , agama, ras dan golongan. Dari sinilah bermula sebuah peradaban Antara Religi Dan Ekonomi di kota Gresik. Dikarenakan dengan berkumpulnya para pedagang dari seluruh penjuru dunia terjadilah interaksi sosial. Dimana banyak para pedagang yang memutuskan untuk tinggal diwaktu yang cukup lama dan akhirnya membina keluarga dan sekaligus menghabiskan hidupnya dikota Gresik. Inilah awal dari perkembangan sosial, budaya religi dan ekonomi yang bertahan hingga sekarang.

Pelabuhan Gresik sendiri mengalami Evolusi yang signifikan. Dahulu Pelabuhan Gresik merupakan tujuan utama para saudagar kaya dari penjuru dunia untuk berdagang hingga mengalami masa keemasan di jaman Nyai Ageng Pinatih. Akan tetapi seiring perkembangan jaman Pelabuhan Gresik mengalami pergeseran fungsi dan pamor dimana yang dahulunya merupakan pusat perdagangan, sekarang pelabuhan Gresik berubah menjadi tempat sandaran kapal. Ini dikarenakan saat ini Kota Gresik sudah menjadi Kawasan Industri yang cukup besar sehingga fungsi Pelabuhan Gresik menjadi sandaran bagi kapal – kapal pengangkut barang untuk keperluan industri. Selain itu Pelabuhan Gresik juga digunakan untuk penyebrangan ke Bawean dan madura.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here