Siang itu jalan raya Gubernur Suryo dekat pintu masuk makam Tlogo Pojok benar – benar  macet dan banyak kendaraan roda 2 yang parkir di pinggir jalan. Tempat parkir dadakan dengan dibantu warga sekitar selalu ada disaat waktu Padusan, sebuah budaya mengunjungi makam sanak saudara sebelum bulan Romadlon.

PND_6512 copy
Peziarah yang memadati pintu masuk Makam Tlogo Pojok

Padusan biasanya dimulai H-7 sebelum bulan Romadlon tiba, dan mencapai puncaknya pada H-1, hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menggelar dagangannya. Para pedagang yang ada mulai minuman sampi mainan juga turut memadati pintu masuk areal Makam Tlogo Pojok. Dan yang menarik adalah barang dagangan yang jarang ditemui di hari2 biasa, tetapi selalu ada dan ditemui pada saat Padusan berlangsung yaitu penjual Damar Kurung dan Kinco.

PND_6523 copy
Damar Kurung yang juga merupakan salah satu Ikon Gresik

Damar Kurung berasal dari sebutan Damar = Sebuah sumber cahaya dari api, Kurung = ditutup/dibungkus, jadi Damar Kurung = sebuah sinar cahaya yang dibungkus atau bisa juga disebut Lentera. Tetapi yang menjadi menarik dan khas dari Damar Kurung adalah lukisan pada penutupnya, lukisan tersebut terkesan seperti lukisan yang dibuat oleh anak2 dan mempunyai cerita. Seiring dengan berkembangnya jaman Cahaya dari api yang dulu biasanya memakai lilin sekarang diganti dengan lampu listrik, meski demikian hal tersebut tidak mengurangi keindahan dan keunikan Damar Kurung.

Sedangkan Kinco atau Kawista adalah sejenis buah yang berkulit keras, dan buahnya berwarna kecoklatan. Biasanya orang2 memakannya dengan cara dipecahkan kulitnya dan menyendoknya dan dicampur dengan gula. Entah kenapa buah ini sering dijumpai pada saat Padusan, hal ini sepertinya sudah berlangsung lama dan turun temurun.

PND_6508 copy
Penjual Buah Kinco

Meski hanya berlangsung hanya seminggu, tradisi Padusan ini masih tetap dilakukan setiap tahunnya, dan semakin ramai pula tiap tahunnya, hal ini tentunya merupakan sebuah peluang untuk mendapatkan pendapatan sampingan bagi warga sekitar.

MARHABBAN YA ROMADLON….