Setelah hampir seminggu di kota Padang, Sumatera Barat,kini arek gresik melanjutkan perjalanan ke timur menuju sulawesi selatan telatnya kota makassar. Seperti biasa sebelum beraktifitas keesokan harinya, yang pertama kali dituju adalah kuliner khas makassar, konro bakar.  Kali ini konro nya terasa spesial karena kali ini tidak makan ditempat biasanya seperti Konro Bakar karebosi dll yang di kota makassar. Adalah teman-teman dari tonasa yang mentraktir makan ikan dan konro disebuah tempat hasil reklamasi tambang di daerah sekitar pabrik semen tonasa, suasananya sangat sejuk dan indah sekali sambil menikmati makanan yang disajikan.

IMG_3554.JPG
Tentang konro kali ini tidak kita bahas karena sudah pernah di post disini. Setelah aktifitas seharian di pabrik bersama tim, maka sebelum pulang ke penginapan di kota makassar kami memutuskan untuk mampir makan dulu di Rumah Makan Ulu Juku’. Restoran ini dinamakan ulu juku’ karena memang restoran ini mempunyai menu favorit kepala ikan, sebagaiman arti ulu juku’ dalam bahasa indonesia. Selain menu ini, ada saru menu yang menarik perhatian saya yaitu “sate ikan rasa ayam”. Dari pada penasaran langsung saja pesan satu porsi.

Secara penampakan satenya seolah memang tidak ada bedanya dengan sate ayam, kambing atau daging sapi seperti di jawa. Warna bumbunya pun sama persis. Seperti namanya, rasanya juga sangat mirip dengan ayam, mungkin dari bumbu sate nya yang membuat nya menjadi rasa ayam. Baru teras kalau itu adalah ikan setelah dirasakan bener-bener dan kontur nya lebih empuk daripada ayam.

sate ikan rasa ayam