Gresik adalah sebuah kota kecil yang dikelilingi Pabrik2 dan pantai, jika kita menelusuri pinggiran2 Gresik disitu akan terlihat pabrik2 yang berjejer. Karena itu banyak masyarakat yang kesulitan untuk mencari spot pemotretan.

Akan tetapi jika kita jeli dan pandai membaca ruang bidik foto, banyak tempat2 yang bagus untuk dijadikan tempat pemotretan. Salah satu contoh event yang beberapa kali diadakan dengan mengambil lokasi didalam Pabrik Semen, Jembatan masuk Gresik arah dari Surabaya, Tlogo Dowo (sebuah tempat bekas pengerukan Pabrik Semen yang sekarang digunakan untuk pengolahan air), dll. Semua tempat diatas akan saya bahas di artikel berikutnya

Jadi menurut saya dari sudut pandang fotografi, kita harus pandai2 melihat dan memanfaatkan lokasi yg ada di Gresik. Untuk saat ini saya ingin mengulas Pesisir Pantai Desa Lumpur yang sebenarmya bagus juga untuk dijadikan lokasi pemotretan, perpaduan antara suasana tradisional dan suasana industri bisa juga menjadi obyek foto yang bagus. Dan yang biasanya dan sering dijadikan lokasi pemotretan adalah “Geladak Lumpur”.PND_1483 copy

Akan tetapi ada bbrp hal yang harus kita pahami mengenai hal ini sebagai warga Gresik. Mengingat Gresik adalah kota yang disebut juga Kota Santri dan hal ini bukan karena alasan, warga Gresik terkenal Mayoritas penduduknya agamis maka ada hal2 yang perlu diperhatikan karena lokasi pemotretan berdampingan dengan kampung sekitar dan juga merupakan tempat untuk beraktivitas melakukan pekerjaan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Wardrobe model (jika kita foto konsep memakai model) usahakan tertutup, hal ini dikhawatirkan menuai protes dari masyarakat dan berpengaruh buruk pada lingkungan, karena disitu juga tempat bermain anak2.

    Nigjt Shoot Fotografi Model
    Nigjt Shoot Fotografi Model
  2. Minta ijin kepada warga sekitar, karena lokasi yang dipakai juga merupakan tempat untuk aktifitas kerja mereka. Sedikit banyak kita pasti mengganggu aktifitas mereka.
  3. Jangan merubah dan merusak tatanan tempat yang ada disitu (dilokasi banyak ditinggalkan alat untuk mencari ikan, dan terkadang ditaruh begitu saja oleh pemiliknya di lokasi. Klo kita memindah, merubah atau merusaknya tentunya akan merugikan mereka.
  4. Cari tempat parkir yang tidak mengganggu jalan raya, karena dilokasi juga tempat lewat angkutan2 truck besar.
  5. Di lokasi ada 3 jembatan, setiap jembatan ada Bale-nya tempat istirahat nelayan. Setelah sesi jangan lupa selipkan uamg seikhlasnya di kotak sumbangan yang ada untuk membantu biaya perawatan Geladak, meskipun sebenarnya masyarakat disitu tidak memintanya.

Mungkin itu saja yang harus difahami oleh teman2, dan semoga nantinya akan ditemui lagi spot2 pemotretan yang bagus di Gresik. Selamat berkarya dan Salam Jepret.