Saat ini Camera Action sangat digemari untuk digunakan merekam kehidupan sehari hari, baik itu dikantor, dirumah atau pada ss’at orang bepergian. Untuk dirumah atau dikantor mungkin tidak ada masalah untuk audio yang dihasilkan dari Mic Internal, akan tetapi hal ini akan menjadi kendala bagi mereka yang suka merekam suatu perjalanan terutama jika ditempatkan di Motor.

Keluhan ini disampaikan ke penulis oleh seorang teman dan dia bertanya apakah bisa diatasi hal ini. Penulis menjawab bisa hanya saja memerlukan beberap perangkat tambahan yang dibutuhkan. Sa’at ini teman mempunyai Camera Action Xiami Yi dan A-Lav merk Aputure, hal ini dirasa cukup oleh penulis untuk bisa mengoprek dan menambahkan Mic Eksternal pada Camera Action.

IMG_8575 copy
Camera Action dan perangkat tambahan Mic Eksternal

Sebenarnya kendala utamanya adalah tidak tersedianya Jack Input untuk Camera Eksternal di Camera Action, penulis hanya perlu menambahkan Jack Input di dalamnya. Akan tetapi hal ini menjadi sedikit rumit ketika mengetahui ruang yang begitu sempit didalam Camera Action. Untuk itu penulis perlu mencari ruang yang tepat dan mengakali serta menyesuaikan beberapa komponen pendukung.

IMG_8511 copy
Jack input yang ditambahkan harus menggunakan sparepart yang sekecil mungkin
IMG_8512 copy
Gambaran penempatan Jack Input

Setelah mengalami beberapa penyesuaian akhirnya Xiaomi Yi sekarang udah bisa menggunakan Mic Eksternal, dan setelah dicoba sesuai dengan yang diharapkan. Jika Jack tidak tertancap Mic Eksternal, Mic Internal yang berfungsi, jika Mic Eksternal ditancapkan maka Mic Internal mati dan Mic Ekternal yang berfungsi, dan beginilah penampakannya.

IMG_8571 copy
Jacik hitam dipojokan terlihat manis, tanpa mengurangi keindahan dan fungsi Camera Action.

Mudah bukan solusi untuk penambahan Mic Eksternal, nah siapa yang minat untuk Oprek Camera Action bisa kontak penulis Cp/WA 085854144494, jika ada pertanyaan bisa ditulis disini dan akan segera ditanggapi. Selamat beraktivitas…