Satu lagi tempat kuliner di Gresik yang layak dicoba adalah masakan ikan lautnya. Dari segi geografis, gresik berada di tepi laut utara pulau jawa, ada juga pelabuhan yang digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan. Yang paling terkenal saat ini adalah masakan ikan sembilang, ada beberapa tempat yang bisa arek gresik datangi untuk makan sembilang, salah satunya yang paling banyak peminatnya adalah Sembilang Mengare. Tapi kita tidak akan bahas sembilang mengare pada kesempatan kali ini. Kita jalan-jalan di kota gresik dulu sebelum nantinya akan kita datangi sembilang mengare yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Gresik. Buk Tipah, warung buk tipah menjual berbagai macam masakan rumahan bisa dijadikan alternatif kuliner atau bahkan yang malas masak sendiri, warung buk tipah ini bisa diandalkan untuk sajian makan dirumah sehari-hari.

kuliner-gresik---tipah-1Warung Bu Tipah terlatak ditepi pantai lumpur Gresik, tepat disamping tempat pelelangan ikan lumpur Gresik. Bisa dibayangkan dari tempatnya saja dekat dengan tempat jual-beli ikan hasil melaut atau hasil panen tambak disekitar Gresik, ikannya pasti masih segar sebelum dimasak. Aneka masakan dijual disini, dari mulai ikan-ikanan (bakar, gule, pindang, kelo kuning / asem-asem dll), telur ikan (macam-macam telur ikan) sampai menu daging-dagingan seperti rawon, gule dan lain-lain ada disini.

Warung makan Bu Tipah selalu ramai didatangi pecinta kuliner, bahkan ada yang beli disini untuk dijual lagi di warungnya. Salah seorang yang datang bersama dengan arek gresik mengutarakan kalau dia membeli disini untuk dijual lagi di warungnya. Dari beli disini aja bisa dapat untung lagi, bisa dibayangkan harganya pasti lebih miring dari tempat lain.

Saking ramainya, sebelum jam makan siang, warung bu tipah sudah tutup karena sudah kehabisan stok 😀 , beberapa kali warung buk tipah didatangi oleh acara televisi ngetop seperti Pak Bondan Maknyus.

Dari pada membayangkan terus, monggo dinikmati langsung saja ke warung buk tipah di lumpur Gresik.

kuliner-gresik-tipah-2

[ready_google_map id=’8′]