Kopi Kasar Khas Gresik

0
3124

Kopi Kasar khas Gresik

Budaya ngopi atau ngobrol sambil minum kopi di warung adalah budaya masyarakat Gresik yang sudah berlangsung ratusan tahun.Berdiskusi atau nyangkruk sambil minum kopi terasa sangat menyenangkan. Apalagi, kopi yang di suguhkan adalah kopi kasar dengan rasa super yang cocok untuk menyegarkan mata sebelum atau sesudah kita beraktifitas. Kopi kasar banyak di jumpai di daerah Kroman dan Lumpur, Gresik.

Kopi kasar tidak seperti bubukan kopi pada umumnya yang halus dan ampasnya dibawah, akan tetapi ampas kopi kasar juga terapung dipermukaan cangkir. Kopi kasar tidak bisa langsung diminum, kita harus mengaduk terlebih dahulu kopinya terus membuang ampas yang terapung di permukaan kopi dengan sendok yang disediakan. Cukup unik untuk menikmati kopi ini, rasanya hmmm… maknyus. Bagi perokok, biasanya sebelum kopi diaduk bisa menyepet ‘mewarnai’ rokok dengan ampas. Ampas yang atas lebih segar jika digunakan untuk menyepet rokok.Rasa yang nikmat membuat Om Bondan Maknyus penasaran menikmati kopi kasar khas Gresik ini.

Jika merasa capek setelah bekerja, kita bisa menambahkan telur ayam di dalam kopi. Caranya, buka 1 atau 2 butir telur ayam kedalam lepek ‘mangkok’ lalu tuangkan kopi kasar yang telah disaring, setelah itu srupuuut kopinya…. hmmm rasanya mantab dan stamina anda akan kembali setelah meminum kopi dan telur ayam ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here