Setelah semalam tgl 16 Agustus 2016 serentak di berbagai desa mengadakan acara tasyakuran dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, giliran hari ini hampir disemua desa mengadakan berbagai macam lomba Agustusan.

Untuk itu sekitar jam 08.00 saya berangkat menuju desa Manyar, karena ada info kalau disana akan ada berbagai macam lomba yang menarik. Beberapa lomba diantaranya lomba  Balapan Renang pake ban, lomba Kepruk Bantal, lomba Mancing Belut dll.

IMG_9392 copy

Karena waktu sudah siang dan acara ini masih berlangsung, saya geser ke tempat lain agar bisa dapat momen ditempat lain. Pilihan saya saat ini adalah desa Karangpoh, ada berbagai macam lomba tradisional, sengaja saya pilih bentuk lomba seperti ini agar bisa sedikit terkenang masa kecil saya dulu. Lomba2 disitu antara lain:

  1. Lomba Balap Kelompen
  2. Lomba Kepruk Plastik ( Kendilnya sekarang diganti plasti )
  3. Lomba Ambil Uang di Pepaya
  4. Lomba memasukkan dalam botol
  5. Lomba bawa kelereng pake sendok
  6. Lomba Makan Krupuk
  7. Lomba memindahkan Bendera
  8. dll

IMG_9452 copy

Yang menarik adalah setiap kampung kampung mengadakan lomba lomba sendiri, dan hadiahnya tidak begitu besar. Tapi peserta yang ikut cukup banyak meski dari kampung mereka sendiri peserta dan penontonnya, menurut saya dari situ bisa kita tarik kesimpulan bahwa respon dan perhatian mereka akan Hari Kemerdekaan cukup besar, dan memang rasa nasionalisme dan kecintaan akan Negeri Indonesia perlu dipupuk mulai dari kecil. Mosok Wong Barat Ae Cinta Indonesia… Wong Indonesia Gak Cinta Blass… gak percoyo deloen iki…

Yang lucu adalah lomba mengambil uang yang ditancapkan di buah pepaya yang dilumuri dengan saos, tapi ini masih mending dibandingkan waktu aq kecil dulu buah pepayanya dilumuri Anges atau Jelaga, tentu saja wajah kita jadi hitam hitam lucu kayak Dakocan hehehe.

IMG_9443 copy

Untuk Lomba Kepruk Kendil sekarang jarang ada karena diganti Kepruk Plastik atau Kepruk Blek, seng penting onok banyune trus dikepruk Muncrat ngono paleng pikire panitia hehehe… Tapi koyoke klo kendil beneran yang dikepruk pasti seru soale muncrate teko endi endi.

IMG_9545 copy

Setelah hari mulai sore saya geser menuju Aloon Aloon Gresik untuk melihat Upacara penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih. Acara ini dimulai pukul 16.00 tepat dan berakhir pukul 17.00

IMG_9512 copy

Wes ngono wae hasil liputan hari ini rek… Besok tak berburu lagi lokasi lomba yang ada di Gresik, mugo2 jik onok seng ngadhakno lomba…

Klo ada informasi lomba lomba Agustus-an yang nantinya masih atau akan berlangsung, bisa kasih info di kolom komen yo rek… Matur suwun banget klo ada info yang masuk.

Oiya ojok lali yang punya dokumentasi lomba lomba Agustus-an, segera dipilih yang bagus, gak masalah itu dari HP, kamera pocket, kamera Action atau kamera DSLR. Soale ape onok Lomba Foto Tema Agustus-an dlm waktu dekat… Hadiehe lumayan lho rek, eman nek gak melu… Ikuti terus Arek Gresik.Net untuk info selanjutnya