Kamera Pinhole

0
982

Meski sudah diketemukan Kamera Obscura pada sa’at itu, akan tetapi hal itu hanya digunakan sebagai bantuan untuk melukis saja,untuk memotret atau mengabadikan gambar masih belum bisa karena belum diketemukan Media yang bisa menyimpan gambar seperti Klise atau Kertas Foto.

Kemudian ilmuwan2 terus bereksperimen untuk menemukan media yang peka cahaya dan menyimpan gambar yang dihasilkan dengan menggunakan Kamera Pinhole

418348_407442942646042_2018039397_n
Kamera Pinhole

Dari namanya (Pin=Jarum Hole=Lubang) sudah jelas bahwa kamera ini adalah sebuah kotak tertutup yang terdapat lubang kecil pada salah satu dindingnya, Pinhole Camera sejatinya adalah Kamera Obscura yang dinding tempat bayangan dari lubang tersebut terdapat plat atau benda peka cahaya untuk menyimpan gambar bayangan. Dan dinding tempat lubang juga ada plat dengan macam2 lubang yang bisa digeser ukurannya. Pinhole camera ada setelah ditemukannya bahan peka cahaya. Memotret dengan Pinhole Camera memerlukan waktu yang lama, baru setekah diterapkannya sebuah lensa pemotretan bisa dilakukan dengan lebih baik, lensa sendiri bisa meningkatkan kekuatan cahaya 50.000 sampai 100.000 kali. Setelah itu lahirlah “Box Camera”. (sumber catatan pribadi H.A. Buchory Rachman).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here