Beberapa kali ditanya oleh teman yang bersalal dari luar kota yang sedang singgah di Gresik, makanan khas gresik apa ya? lalu mereka menyebutkan sebuah nama makanan “Nasi Krawi”. Kemudian mereka minta ditunjukkan dimana lokasi jual nasi krawu favorit di Gresik. Lalu kemudian saya penasaran dan menanyakan kepada teman yang asli Gresik apa lagi makanan favorit Gresik selain krawu dan pudak. Maklumlah, walaupun saya arek gresik tapi bukan gresik kota, agak kepinggiran sedikit, sekitar 20 km dari kota, sebut saja desanya adalah Desa Betoyoguci ūüôā . Dan saya mendapatkan jawaban yang agak asing, ditelinga, yaitu Sego Roomo atau Nasi Roomo (bacanya: Rumo). Lalu dimana orang jual sego roomo di Gresik?

Dari namanya saya bisa menebak kalau makanan ini berasal dari daerah Roomo Gresik. Namun setelah mencari orang jual sego Roomo di Gresik, ternyata yang jual ada di pasar Gresik, tepatnya disamping pasar baru Gresik di daerah kali tutup (sekarang kalinya benar-benar ditutup dengan jalan hehehe). Ada dua tempat jualan nasi roomo di daerah situ.

Menurut info dari beberapa teman (masih belum bisa membuktikan kebenaran informasinya), Sego Roomo mempunyai sejarah penemuannya yang agak unik, yaitu berawal dari seorang warga Roomo (wanita) yang sedang kesulitan secara ekonomi bertemu dengan salah satu waliyullah (seorang wali atau sunan) dan wali tersebut menyarankan wanita tersebut untuk menjual desanya. Wanita tersebut kebingungan mengapa dia disuruh untuk menjual desanya (Roomo). Namun dengan berjalannya waktu, teka-teki tersebut terjawab, wanita tersebut mendapat inspirasi untuk menjual nasi dengan mencantumkan nama desa nya, Sego Roomo. Kita tidak akan membahas asal-usul sego roomo lebih lanjut karena belum mendapatkan cerita atau bukti yang menguatkan cerita tersebut, sempai saat ini hanya cerita dari mulut ke mulut saja.

[ready_google_map id=’7′]

Kembali ke Sego Roomo, setelah melihat secara langsung sego roomo ini saya langsung teringat dengan sate padang, bumbu nya hampir sama dengan sate padang, warna dan rasa bumbu yang berwarna coklat itu sangat mirip dengan sate padang. Walaupun disebut dengan Sego Roomo, dimana Sego dalam bahasa indonesia berarti Nasi, Sego Roomo ini tidak menggunakan nasi melainkan Lontong. Didalam menu juga terdapat sayuran hijau (g tau namanya hehehe) dan parutan kelapa yang sudah diberikan rasa gurih atau yang sering disebut dengan serundeng.

sego-roomo-gresik

Untuk yang belum pernah merasakan, makanan ini layak dicoba, selamat menikmati. #kulinergresik