Festival Gresik Jaman Dulu 2012

0
1019

Festival Gresik Jaman Dulu, festival yang diadakan oleh pemerintah kabupaten gresik bersama dengan komunitas pecinta budaya gresik pada tanggal 14-17 juni 2012 ini merupakan gebrakan yang lumayan besar untuk pariwisata gresik. Industri pariwisata di gresik yang selama ini lesu membuat pada budayawan maupun relawan budaya yang ada di gresik tergerak hatinya untuk mengembangkan sektor ini mengingat kota gresik dilihat dari sejarah sangat dekat dengan masuknya islam ke indonesia, terutama di kota gresik ada 2 sunan sekaligus dari 9 wali songo yang tersebar dipulau jawa.

Pertunjukan theatre di festival gresik jaman dulu

Acara festival gresik jaman dulu edisi perdana ini boleh dibilang diluar ekspektasi banyak orang, harapan warga sekitar akan seramai seperti festival serupa yang diadakan di malang (Malang Tempoe Doeloe) dan surabaya (Tjap Toenjoengan). Kalau di MTD dan Tjap Toenjoengan yang datang dari segala penjuru indonesia, festival gresik jaman dulu ini bisa dibilang sepi dari pengunjung. Dari promosi acara nya saja kurang banyak atau kurang mengena karena sebagian warga gresik tidak mengetahui adanya acara ini, atau tahunya setelah acara ini selesai dan diberitakan di media lokal.

Acara ini diikuti oleh beberapa UKM lokal gresik yang memajang produknya di stang yang telah disediakan, namun belum banyak UKM besar maupun kecil di gresik yang mengikuti acara ini, hanya beberapa gelintir stand yang meramaikan acara ini. Sebagai pelajaran yang berharga atas acara yang telah berlangsung, mungkin untuk tahun depan bisa dilakukan promosi yang lebih mengena dan mengundang lebih banyak UKM yang telah sukses ataupun sedang berkembang lainnya serta konsep acara nya harus lebih menarik dan tidak monoton.

Semoga tahun depan masih diadakan dan lebih banyak sponsor yang mau ambil bagian agar Festival Gresik Jaman Dulu lebih meriah dan tidak kalah pamor dengan Tjap Toenjoengan atupun Malang Tempoe Doeloe. HIDUP GRESIK!!!

suasana bazar Gresik Jaman Dulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here