Sulawesi Selatan memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantai-pantainya yang sangat indah. Sebut saja salah satunya adalah Tanjung Bira, ada juga Pantai Losari yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Hari ini (20 Mei 2015), arek gresik kembali dapat kesempatan untuk melancong ke sulawesi selatan, kali ini masih di kota makassar dan pangkep. Disela-sela kegiatan pekerjaan, arek gresik  memutuskan untuk berhenti makan siang dan diarahkan oleh seorang teman kesuatu di wilayah disekitaran pabrik semen di pangkep (semen tonasa).

Pemandangan ditempat makan ini begitu luar biasa indah, dan hampir tidak percaya kalau ternyata danau dengan pemandangan ngarai (bukit-bukit) dan tanaman hijau ini adalah bekas tambang, tepatnya tambang tanah liat / batu kapur yang dilakukan oleh semen tonasa. Selain dirawat dengan baik, banyak ternak yang ternyata hidup sehat disini dan danau ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan warga sebagai tempat pemancingan ikan. Bahkan ada seorang teman yang kebetulan berasal dari Sumatera Barat bilang “ini kalau di Padang sudah menjadi tempat wisata”

sulawesi-selatan-reklamasi-tambang-tonasa-1

Kalau di Gresik saya jadi teringat danau Ngipik yang terletak diwilayah kawasan industri gresik (KIG) yang dulunya merupakan kawasan tambang batu kapur dan tanah liat juga (tambang dari semen gresik). Sekarang bisa kita lihat disana seperti tidak ada bekas penambangan karena danau ngipik sekarang dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif seperti pemusatan latihan olah raga air olah perkumpulan ski air gresik dan jawa timur. Kalau berkunjung ke danau ngipik kita akan melihat atlet-atlet tersebut latihan, terutama akan lebih intensif latihannya menjelang ada even Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan olimpiade.