Chu Chi Tunnel, saksi mata kekalahan Amerika saat perang Vietnam

8
2421

Cu Chi Tunnel merupakan tempat peperangan yang sangat famous di vietnam, dimana pada saat itu tunnel ini digunakan sebagai arena peperangan melawan tentara Amerika Serikat yang sedang menjajah Vietnam. Chu chi tunnel, sesuai dengan namanya terdiri dari tunnel-tunnel bawah tanah sepanjang 250 km untuk persembunyian sekaligus untuk menjebak tentara Amerika. Tentara dan rakyat Vietnam berhasil membuat repot Amerika dengan strategi ini.

Vietnam - 2 of 19

Chu chi tunnel terletak kurang lebih 40 km dari Ho Chi Minh City, Vietnam Selatan. Dibuat hanya dengan menggunakan alat tradisional sejak penjajahan perancis hingga ada serangan rudal dari pasukan tempur amerika serikat. Setelah masuk area tunnel ini anda akan dipandu oleh seorang guide yang ternyata adalah seorang tentara yang ditugaskan oleh pemerintah untuk memandu wisata di Chu chi tunnel ini. Pertama kali anda akan disuguhi video sejarah pertempuran yang terjadi di Chu Chi ini, disiapkan sebuah tempat khusus untuk menonton video tersebt, Setelah video selesai, sang Guide menjelaskan dengan bahasa inggris yang medok vietnamese tentang video yang telah di tonton tadi. Inti dari video tersebut adalah warga vietnam sangat makmur sejahtera sebelum adanya penjajahan perancis dan amerika, namun semuanya berubah sejak negara api menyerang… ups salah ya… hehehe.. semuanya berubah drastis setelah amerika menyerang dengan menggunakan rudal dan membombardir wilayah vietnam. Masyarakat menjadi tersiksa dan membuat tunnel untuk pertahanan di chu chi.

Vietnam - 6 of 19

Sangat menarik sekali setelah melihat chu chi tunnel, dan langsung membayangkan betapa sulitnya keadaan waktu itu, mereka harus hidup di bawah tanah dengan tunnel sempit. Saya mencoba masuk ke beberapa tunnel, baru beberapa menit saja sudah sangat terasa sesak dan berkeringat, apalagi mereka yang tinggal disana selama berbulan-bulan selama perang vietnam.

Vietnam - 16 of 19

Tunnel disini dibagi menjadi beberapa bagian, tunnel atas ada beberapa, antara lain false tunnel yang digunakan untuk melakukan serangan secara tersembunyi terhadap lawan. Punji stake trap yang digunakan sebagai jebakan, trap ini terdiri dari besi dan kayu runcing yang tentu saja kalau terkena bakal sakit dan menderita. Tunnel yang lain adalah dapur tempat membuat makanan. Tempat tidur, hospital dan store room juga ada disini. Yang menarik adalah saluran udah yang dibuat hanya terbuat dari bambu panjang keatas. Asap dari dapur juga dibuat sedemikian rupa sehingga ketika asap keluar sudah tidak mengepul, jadi musuh tidak mengetahui ada kehidupan didalam tanah.

Vietnam - 11 of 19 Vietnam - 12 of 19

Salut dengan perjualangan rakyat vietnam selama peperangan melawan amerika serikat, ketangguhannya diakui oleh dunia. Sampai-sampai hanya seorang Rambo yang bisa menerobos pertahanan vietnam hehehe… *tapi hanya di film yang dibuat amerika yang tidak mengakui kekalahannya.

Sebenarnya di Negara kita Indonesia juga banyak sekali tempat-tempat bersejarah seperti ini, namun tidak dikelola dengan baik sehingga orang-orang melupakan dan wisatawan pun tidak mengetahui.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here