Cara membaca trend market dengan Candlestick – [Belajar Saham]

0
4225

Setelah belajar dan menganalisa tentang aturan halal atau haram nya trading saham menurut agama, sekarang kita menuju ke arah yang lebih transaksional agar kita bisa melakukan trading / jual beli saham secara mandiri. Sebagai langkah awal, kita harus mengetahui indikator yang akan kita gunakan dalam membaca pergerakan saham,

Indikator paling utama yang wajib diketahui yaitu Candlestick, kebanyakan trader menggunakan jenis chart ini untuk menganalisa pergerakan / trend pasar saham. Lalu apa itu Candlestick? Lebih jelasnya bisa dibaca pada link wikipedia disamping, namun secara sederhana bisa didefinisikan bahwa candlestick merupakan jenis chart yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan pergerakan harga, baik harga saham, forex dan lain-lain.

Bagaimana cara membaca nya?

saham---trend-candle-stick-2

Candlestick berbentuk kotak dengan dua sumbu diatas dan bawah. Ada dua macam bentuk candlestick:

  1. Candlestick Up Trend (harga naik)
  2. Canddlestick Down Trend (harga turun)

Candlestick uptrend digambarkan dengan kotak / candle yang biasanya berwarna putih dimana harga penutupan (CLOSE) lebih tinggi dari harga pembukaan (OPEN), dan candlestick downtrend digambarkan dengan kotak / candle yang berwarna gelap (biasanya berwarna hitam atau merah)  dimana harga penutupan (CLOSE) lebih rendah dari harga pembukaan (OPEN).

Dua sumbu candlestick digunakan untuk mendeskripsikan harga terandah (LOW) untuk sumbu bawah, dan harga tertinggi (HIGH) untuk sumbu atas.

Sedangkan trend utama pergerakan saham dibagi menjadi tiga:

  1. Up Trend
  2. Down Trend
  3. Sideway

Up Trend terjadi dikarenakan pergerakan saham yang positif (harga naik), biasanya dalam candle digambarkan terjadinya higher high dan higher low. Sedangkan Down Trend terjadi karena adanya pergerakan saham yang negatif (harga turun), biasanya dalam candle digambarkan terjadinya lower high dan lower low. Sedangkan Sideway terjadi karena pergerakan saham cenderung menyamping atau sama pada beberapa candle dalam waktu tertentu.

Lebih jelasnya bisa dilihat pada capture screen pergerakan saham dengan kode BBRI berikut ini:

saham---trend-BBRI

Garis ketas adalah arah up trend, panah kebawah adalah down tren dan garis lurus menyamping adalah posisi trend sedang sideway.

Semoga bermanfaat dan jika ada saran atau kritik monggo ditulis di kolom komentar dibawah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here