Arek Gresik berkelana ke Ha Long Bay, Vietnam

6
1246

Ha Long Bay merupakan salah satu ke keajaiban dunia yang berada di Vietnam. Secara view, Ha Long Bay ini sangat mirip dengan Raja Ampat di Indonesia. Banyak bebatuan cantik dimana-mana, tapi menurut saya Raja Ampat masih jauh lebih bagus hehehe… Nama Ha Long Bay diambil dari Ha Long yang artinya Naga Turun, hal ini bisa diterima karena setelah saya lihat, bebatuan yang ada di ha lon bay mirip dengan naga yang sedang turun di lautan, batu bisa diibaratkan sebagai badan Naga yang naik turun.

Ha Long bay terletak di province Quang Ninh tepat nya di district Ha Long. Selama hari selama di vietnam saya sempat mampir ke Quang ninh dan tinggal sangat dekat dengan pantai ha long, jadi sangat disayangkan sekali kalau tidak mampir ke Ha Long bay :D. Akhirnya setelah seminggu dan pekerjaan terselesaikan dengan lancar, kami putuskan untuk ambil waktu sebentar selama kurang lebih 4 jam, berangkat jam 6.30 dan kembali jam 10 kurang sedikit untuk menikmati indahnya Ha Long Bay bersama rekan-rekan yang kebetulan sedang bertugas disitu juga.

H-1 kami datang ke pelabuhan untuk booking kapal, dan akhirnya kami dapat harga yang lumayan murah, cuma dengan 2juta VND atau Rp 1juta, kami sudah mendapatkan sewa kapal private untuk kami ber 7. Ditambah sebelum berangkat kami harus bayar ke peron sebesar 80ribu VND per orang. Kami dapat harga murah karena berangkat lebih pagi dan si kapal bisa ambil penumpang lagi jam 10 nya karena pada jam itu sedang ramai-ramai nya penumpang.

Jam 06.00 tepat kami sudah berada di pelabuhan untuk menyelesaikan administrasi, dan ternyata kapal sudah menunggu, jadwal awal berangkat jam 7 akhirnya dimajukan menjadi 6.30.

Setelah berlayar, kami langsung saja ambil posisi ke atas kapal untuk ambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Dari atas kapal bisa kami lihat pemandangan indah ha long bay. Deretan bukit bebatuan menyerupai naga berderet cantik, apalagi setelah memasuki di sela-sela batuan itu, ada beberapa bentuk batu yang menyerupai kura-kura, ayam dll. Ditengah2 ha long bay, ternyata ada pasar terapung milik warga, kami mampir disana untuk belanja ikan dan bumbu yang kemudian oleh awak kapal diolah dan dimasak untuk kami makan pada perjalanan pulang.

Karena kami ambil paket yang 4 jam, maka tujuan adalah 2 areal yang terdekat ditambah dengan masuk ke 2 cave / gua. Kalau yang 6 jam kita bisa pergi lebih jauh ke areal satu lagi yang katanya lebih bagus dengan tambahan 1 gua lagi.

2 Gua yang kami masuki lumayan bagus, selain masih alami, didalam gua sudah ditambahkan ornamen lampu-lampu yang menambah keindahan Gua.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here