Seperti biasanya, sebelum bulan Romadlon berakhir akan ada sebuah acara puncak yang merupakan tradisi Gresik turun temurun. Acara ini dikenal dengan nama Pasar Bandeng, begitu orang Gresik menyebutnya.

Meskipun sebutannya Pasar Bandeng, tapi yang dijual bukan Ikan Bandeng saja, berbagai macam dagangan ada disana. Hal ini dikarenakan para pedagang Lokal ataupun dari luar Gresik yang beberapa hari lalu berdagang di Malem Selawe pindah dan ganti berjualan disekitar Jalan Samanhudi sampai Aloon Aloon Gresik, bahkan lebih lengkap lagi dari Malam Selawe karena ada beberapa pedagang yang hanya berjualan di Pasar Bandeng.

Seperti halnya bapak Syi’in (70th) yang sudah berjualan mainan tradisional anak2 yang berupa Rombong Pikulan Mainan anak2 yang terbuat dari triplek. Beliau sudah menekuni pekerjaan tersebut mulai tahun 1975, dan cm dijual pada saat pasar bandeng.

IMG_7303 copy

Beliau membuat mainan tersebut dimulai saat bulan Maulud, 1 mainan bs dikerjakan dlm waktu 3 hari dan alhamdulillah beliau mengatakan semuanya terjual habis saat Pasar Bandeng, 1 mainan yang ukuran kecil dibanderol 50rb dan yang besar 70rb.

IMG_7301 copy

Selain itu ada juga yang tidak menjual, mereka membayar lapak yang sepetaknya 120rb hanya untuk memamerkan koleksi2 binatang mereka, mulai dari anak buaya sampai ular sanca besar.

IMG_7275 copy

Bukan hanya orang tua dan anak2 yang datang di Pasar Bandeng, bahkan muda mudi yang berpacaran, atau cewek atau cowok yang ingin cm jalan2 dan menikmati keramaian jg banyak. Mereka cm jalan2 dan nongkrong di tempat2 kuliner dadakan yang ada, sambil mencicipi makanan2 yang dijual disana.

IMG_7247 copy

Selain itu karena adanya Pasar Bandeng, beberapa toko yang biasanya hanya buka sampai jam 21.00, mereka memanfaatkan keramaian dengan membuka toko sampai jam 03.00 bahkan ada yang full buka selama pasar bandeng.

IMG_7298 copy

IMG_7299 copy

Dan yang paling banyak diminati oleh wanita2 muda atau ibu2 adalah jasa lukis Henna, yaitu sebuah seni dari Arab dan India dengan cara melukis tangan atau bagian tubuh lainnya dengan sebuah ramuan khusus. Para penjual jasa memajang contoh hasil karyanya, dan para konsumen tinggal memilih corak lukisan mana yang cocok utk mereka.

IMG_7307 copy

IMG_7317 copy

IMG_7318 copy

Untuk pakaian tidak hanya pakaian luar saja yang ditawarkan disana, banyak pedagang yang hanya khusus menjual pakaian dalam baik itu untuk wanita ataupun pria. Kayaknya memang semua yang biasanya dicari pada saat lebaran ditawarkan disitu.

IMG_7313 copy

Sedangkan untuk acara panggung kali ini, dimeriahkan oleh Grup Band Qasidah Modern yang semua personilnya wanita. Meski mereka semuanya wanita, penampilan mereka benar2 memukau para pengunjung yang datang.

IMG_7210 copy

Nah… Buat teman2 yang belum sempat datang di acara Pasar Bandeng tadi malam, bisa meluncur kesana hari ini yang merupakan hari terakhir acara tersebut. Jalanan sekitar jalan Samanhudi besok siang sudah harus bersih dari para pedagang, dan masyarakat meneruskan aktivitasnya untuk menyambut lebaran, yang nantinya biasanya akan ada Takbir Keliling.